Minggu, 15 Oktober 2017

Pentingnya Wawasan - Edisi Shalat Berjama'ah

Pentingnya Wawasan - Edisi Shalat Berjama'ah

Setelah menyaksikan suatu hal yang kayanya sepele tapi bisa jadi fatal kedepannya, saya jadi kepikiran mengangkat tema "Pentingnya Wawasan" Bahaya kan ya, nyepelekan sesuatu yang sebenernya dampaknya guede.

Jadi, begini ceritanya. Pada suatu siang saya ada kuliah. Jadwalnya sih dari jam 11.10 - 12.55 WITA. Pas udah masuk waktu zuhur, dan terdengar kumandang adzan, saya mau izin keluar untuk shalat sebentar. Pas mau ngangkat tangan buat izin keluar, eeehh ternyata materi udah mau selesai. Walhasil saya nunggu aja. Gak nyampe 5 menit kemudian, kelas berakhir. Saya langsung capcus ke masjid kampus. Waktu zuhur ges, masjid kampus penuh sesak kalo pas zuhur, khususnya di shaf/tempat cewenya.

Ketika saya masuk masjid, saya mau jalan ngambil mukena aja susah ges. Ya itu tadi, sesak! Penuh begete. Sampai-sampai yang biasanya dijadiin jalan, penuh sama orang yang lagi shalat. Alhamdulillah ya, jama'ah nya banyak.

Tapi gini, pas saya berhasil ngambil mukena dan mulai mencari celah buat "menyusup" nyari shaf, karena emang ada beberapa shaf yg gak rapat, saya menemukan shaf kosong depan tiang gede, menysuplah saya kesitu. Lah, pas udah berhasil menyusup, di samping shaf yg saya temukan ternyata ada orang, lagi duduk dengan santainya, lagi benerin kerudungnya, ngelipet mukena dengan lamban, trus duduk diem disana dengan ademnya. Sedangkan di belakang, orang-orang cuma bisa berdiri meluk mukena nggak kebagian shaf. Rupanya dia yang di samping saya ini udah selesai shalat, munfarid (sendirian, gak berjamaah).

Lagi, mereka yang berdiri di belakang yang belum kebagian shaf itu juga nggak gerak buat menyusup. Mungkin nih ya, dia pernah denger tentang larangan lewat di depan orang shalat, makanya dia diem disitu. Karena memang di belakangnya ada orang yg shalat juga.

Setuju sama apa yg dia lakuin?

Anda bilang, yes?

Kalo saya sih, no.

Kenapa?

Jadi begini: informasi bahwa ada larangan untuk lewat di depan orang shalat memang bener adanya.  Namun, ini berlaku untuk mereka yang shalatnya munfarid/sendirian. Jadi kalo ada orang shalat (munfarid, nggak berjamaah), haram bagi kita lewat di depan dia. Depan disini maksudnya antara tempat dia berdiri dan ujung tempat sujudnya, itu gak boleh dilewati, misalnya dia pake sajadah, nah, yg gak boleh dilewati itu yaa area sajadahnya itu, selebihnya yang di luar sajadahnya itu boleh dilewati*.

Kalo ada yang bersikeras mau lewat di antara tempat berdiri dan sujudnya, maka adalah hak bagi yang shalat untuk mencegahnya: dihalangin pake tangan misalnya, karena kalo sampai ada yang lewat depan kita shalat, sedangkan kita yang shalat membiarkan, sedangkan kita tau harusnya kita menghalangi dia buat lewat disitu, maka kitanya dosa. Bisa dipahami kan?

Si pe-lewat tadi juga, kalo dia tau bahwa lewat depan orang shalat itu haram, tapi dia tetap lewat juga, dosa juga.

Ituuuuuu, kalo shalatnya sendirian guys.

Nah, kalo shalatnya berjamaah beda lagi.
Dalam shalat berjamaah, larangan itu (lewat di depan orang yang lagi shalat) hanya berlaku bagi imam. Maksudnya, yang gak boleh dilewati itu hanya sutrah/batas sujudnya imam. Sedangkan depan-depannya makmum, gak apa-apa dilewati.
Makdarit: maka dari itu, kalau ada shaf yang masih kosong sedangkan shaf belakang orangnya penuh, nyusup aja kedepan, lewat aja di depan makmum lain yang shalatnya di shaf belakang tadi, gapapa.

Nah, jelas toh? Apa yg mestinya dilakukan sama si mba tadi?
Iya! Langsung berdiri dan kaluar aja dari shaf, biar yang lain yang pada ngantri di belakang bisa ngisi tempatnya tadi.

Gitu.

Wallaahu a'lam bish shawaab.
Share: